Senin, 05 Juli 2010 |
Mentalism adalah salah satu aliran dalam sulap (magic ) yang menggunakan /Memanipulasi pikiran penontonnya. Seni mentalism ini Tak dapat dipisahkan dengan ilmu psikologist. Sebenarnya seni Mentalism sendiri sudah lama dikenal, namun di Indonesia seni mentalism diperkenalkan oleh seorang pesulap yang berulangkali menaikkan derajat sulap indonesia yaitu Deddy Corbuzier. Seni mentalism sendiri berbeda dari kategori sulap lainnya. Jika permainan sulap lainnya memanipulasi penglihatan, seni mentalism memanipulasi pikiran. Tipe permainan mentalist sendiri dapat berhubungan dengan prediksi, mind reading, dan lain-lain. Kekurangan dari permainan mentalism sendiri adalah kurang begitu “Wow” jika dimainkan di jalanan ( street magic ). Akan tetapi terlepas dari itu semua banyak sekali keunggulan dalam permainan mentalism.
Untuk menjadi Mentalist yang handal dan baik, bukan hanya trik yang dibutuhkan tapi ada elemen2 penting yang perlu diperhatikan. Antara lain adalah :

1. Public Speaking
Dalam seni mentalism mungkin inilah aspek yang paling penting. Berbeda dengan halnya Clasic dan ilusi yang bisa menggunakan ekspresi dan bahasa tubuh . Public speaking yang dimaksud adalah bagaimana cara kita berhubungan kepada penonton. Yang harus diperhatikan disini adalah Kejelasan lafal, Intonasi, Tempo bicara, dan Nada bicara. Jika anda dapat menguasai ini , saya yakin anda akan dapat menjadi seorang mentalist yang handal.

2. Attitude
Sikap kepada penonton juga harus diperhatikan dalam seni Mentalism. Karena penonton akan menghargai kita jika kita menghargai mereka. Bersikaplah ramah dengan penuh senyuman kepada sebuah penonton. Oh ya, perlu diingat bahwa kita bermain dengan semua penonton yang ada di sana. Terkadang kita terlalu sibuk memberikan instruksi kepada penonton yang kita ajak bermain ( di atas panggung ). Tapi seiring dengan pengalaman anda bisa mempelajarinya sendiri.

3. Ekspresi
Terkadang anda juga menggunakan ekspresi anda ketika sedang bermain. Baik ketika kita berbicara maupun ketika sedang membaca pikiran, dan aktifitas lainnya. Usahakan agar semuanya terkesan Real.

4. Meaning
Meaning juga memiliki peran penting dalam seni mentalism. Ketika memilih meaning, pilihlah meaning yang sesuai dengan permainan. Jangan sampai permainan dan meaning tidak saling berkaitan atau gak nyambung. Khan lucu jadinya kalo gak nyambung Sebaiknya Pada bagian awal anda berbicara/bercerita mengenai yang berhubungan dengan meaning. Ini akan membuat kesan meaning lebih dalam.

5. Keutuhan performance
Tanpa adanya suatu keutuhan, tentu setiap permainan tidak akan menjadi menarik. Yang paling terpenting adalah latihan, latihan dan latihan. Oh ya, bumbui performance anda dengan sedikit humor


Okey, jadi gitu dah….
Tapi yang paling penting anda harus berniat untuk menghibur penonton.. kita ini entertainer….. Jangan sekali2 menimbulkan kesan bahwa anda menggunakan sihir,mistis, jin dan lain2…. Meskipun permainan anda mungkin menyebabkan penonton merasa kagum dan heran,, namun hal itu jelas menyimpang dari tujuan awal yaitu “menghibur penonton”…….

sumber: forum sulap
Labels:

0 comments:

Visit the Site
SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI MAC MAGIC, Sebuah blog komunitas sulap di brebes yang mengatas namakan Magic Art Community . 2010 macmagic .
Distributed by omrudy Templates